Senin, 11 Maret 2013

ASI seret jadi LANCAR

bismillah..
smoga blog ini bisa bermanfaat untuk para bunda2 baru :)

Saya juga termasuk bunda baru kok bund,
karna belum tepat menginjak 3 bulan menjadi ibu dari baby cyril.
Sebelum kelahiran cyril, saya sudah mencoba mencari2 info tentang menjadi bunda baru.. mulai dari cari perlengkapan baby. baju baby lucu, dokter anak yg bagus, penyakit2 yg mungkin menghampiri baby, dan juga minuman terbaik untuk baby yaitu ASI yang akan saya berikan nantinya kepada sang anak.

Saya berniat memberikan ASIX karna banyak hal. Diantaranya ya karna ASI memang minuman terbaik untuk baby karna kandungannya yang mempunyai banyak manfaat. Dan terutama karna ASI itu Gratis bund, hehe :D

oke,,
botol (DOT) sudah saya siapkan karna saya masih bekerja sehingga tdk bs langsung nenin si baby nantinya.
lalu botol kaca ASIP yang saya bali dari olshop juga saya siapkan.
hingga akhirnya tibalah kelahiran si baby..
saya langsung meminta kepada TIM dokter untuk bisa melakukan IMD , namun gagal bund. ternyata tidak segampang yang saya lihat di you tube hiks
Tapi gpp, yg penting si kolostrum keluar dan saya berikan kepada baby.
yaampun bund, ternyata nenin baby itu susah lho. kepala si baby muter2 klo lagi di nenin. mungkin karna dia juga masih beradaptasi yaa..
meskipun susah saya tetap berusaha untu terus memberikan kolostrum.
Namun baby ku bukan lah baby yg sabaran, dia terus menangis dan mengecapkan bibirnya terus, menandakan klo dy sepertinya sangat haus (mulai panik)
karna saya sudah keburu panik dengan tangisan baby yg haus kelaparan dan saya tidak pandai menyusui. akhirnya saya mencoba untuk memeras PD saya dengan tangan (manual) keluarlah si ASI namun tidak lebih dari 10ml.. *nangis jerit jerit*

tapi bund, menurut artikel yg pernah saya baca. berapapun ASI yg keluar dr kita itulah kebutuhan yg diperlukan untuk baby. tapi kok kayanya gak berlaku ya buat saya. karna baby cyril terus menangis setelah menghabiskan ASI yg saya perah secara manual ini.

Tiba2 sepupu saya datang dan menawarkan untuk mencoba alat pompa elektriknya. namun tetap sama saja. ASI yg keluar tidak lebih dr 10ml. Sedih banget rasanya bund, ketika kita tau bahwa anak memerluka ASI kita tapi ASi kita tidak mencukupi. disinilah godaan SUFOR terus menerus menghantui saya.
Sepupu saya juga memberikan ASI untuk anaknya yg baru berusia 3bulan. Namun kebalikan dari saya. dia bisa dibilang gudang susu. skali perah. dia bisa mendapatkan lebih dari 5botol kaca ASIP.
dia menawarkan ke saya untuk memakai ASInya dan diberikan ke baby cyril.
begitu dicoba 100ml diberikan didalam botol DOT. Cyril langsung nyot dengan handalnya.. *makin nangis*
Suplay ASI dari sang sepupu ini berlangsung selama 1minggu.

saya pun tidak lekas diam, saya tetap terus berusaha untuk nenin dan pumping PD. namun ASI terus seret..
Katuk.. kacang tanah..banyak minum.. banyak makan.. minum obat2 pelancar ASI juga tidak lupa saya lahap. namun apa hasilnya?? NOL besar!!

seminggu berlalu, suami mengatakan pada saya untuk stop gunakan ASI sepupunya. Mau tidak mau saya harus berjuang, namun saya optimis bahwa saya bisa.
"ASI itu makin sering dikeluarkan makin banyak" ingat kata itu baik2 dalam pikiran anda. karna inilah kunci sukses ASIX
jangan nyerah bund, kondisi terdesak akan membuat anda harus lebih optimis. jaman dulu gak ada SUFOR. Jadi gak ada yg gak mungkin.
mulai saat itu, saya terus berjuang memenuhi kebutuhan cyril. dan alhamdulillah. smakin lama smakin banyak. terus dan terus bertambah.
Kuncinya yaitu optimis. bahagia. dans SAY NO TO SUFOR !! cari banyak info tentang ASI dan tanya banyak hal yg bunda mau tau ke bunda2 lain yg udah berhasil kasi ASIX ke anak2 mereka. (say thanks to bunda razka) hehehe..
oia bund, minta tolong sama para ayah juga ya.. untuk slalu bikin hati bunda seneng, dan dukung bunda untuk pemberian ASI. karna sang ayah sangat berperan penting. ASI tidak akan keluar saat mood bunda jelek atau bunda kesel.. coba aja klo gak percaya hehe..
oia bund, tips buat bunda klo udah stres bgt ASInya gak keluar. minum obat pelancar ASI merk M*L*C* insyaAllah ASIn keluar deras hehe

Selamat berjuang para BUNDA hebat.
ASI menandakan bahwa kita adalah ibu yang sangat sayang anak :)


oia aku share foto hasil pengumpulan ASIP selama kurang dr 2bulan ini ya. jangan kaget. dan jangan berfikir bahwa saya banyak dari awalnya..
ingat.. awalnya hasil pumping saya hanya 10ml. tapi sekarang??? cekidot..






4 komentar:

  1. M*L*C itu merk apa mom? Thank atas motivasinya, saya jadi semangat lagi.

    BalasHapus
  2. Sy jg tertarik sama pengalaman bunda. Asi sy jg seret. Paling banyak sy perah sampe 80 ml aja. Uda d lakuin semuanya termasuk pijet laktasi sama minum asi booster asifit. Tp tetep aja. Knp ya bun. Share secara detail dong

    BalasHapus
  3. Berapa lama konsumsi asi jd deras

    BalasHapus