Rabu, 20 Mei 2015

My Journey in Kuala Lumpur

Yeay..
Akhirnya setelah menunggu berbulan bulan kini tiba saatnya untuk berkelana ke Negri Upin Ipin... xixixi.. tapi agak ragu antara jadi berangkat atau nggak.
Karna kejadian bulan lalu, dimana maskapai yg akan saya tumpangi mengalami kecelakaan dan tidak ada seorangpun yg selamat. Hiks.
Tapi apa daya. Tiket udah ditangan. Masa gak jadi pergi hanya gara2 itu. Lagi pula takdir kan di tangan Allah ya.. tanpa naik pesawat pun klo emang udh waktunya mah. Udah aja.
Tapi pemikiran itu gak berlaku buat kedua temen ku yg juga udh beli tiket, meskipun tiket yg dia beli juga promo. Tapi promonya masih jauh lebih mahal dr pada tiket ku. Hehehe..
Mereka memutuskan untuk batal pergi.
Oke 2 orang pun tumbang. Tinggal aku dan 2 sahabat ku. Mereka adalah pasangan suami istri yang baru saja menikah. Jadi, pergi ke Malaysia ini adalah tujuan honeymoon mereka. Mereka juga yg meyakinkan aku untuk tetap berangkat..

Oke udah H-14 aku lupa bikin pasport. Panik banget. Minta tolong sama temen yg kerja di jasa traveling buat bikin pasport kilat.  Bisa 2 hari jadi. Tapi mintanya 1,6 juta.. *ngekngok*
Akhirnya aku pasrah. Klo keburu ya jalan. Klo gak keburu yaudah lupakan berfoto di petronas tower -_-
Keesokan harinya. Aku dateng ke imigrasi jakarta utara. Tepatnya persis dibelakang Mall Artagading. Sampe sana jam 06.30 dan antrian pun sudah sangat panjang. Dan kuota antrian sudah ditutup. *makin hopeless*
Gak nyerah. Besoknya dateng lagi. Lebih pagi. Smpe sana jam 06.00 . Oke kali ini kebagian kuota antrian. Ya meskipun urutan ke 48 dari 50 kuota.
Seharian di imigrasi. Antri. Isi formulir. Foto. Wawancara. Bayar (dan cuma 3ratus ribu sekian) selesai. Hitungan 3 hari kerja sudah jadi dan bisa diambil. Done.

Udah mulai panik mikirin kerjaan kantor yg udh mepet waktu closing. Ngebut. Dan ngrayu bos untuk bisa dikasi cuti dikala sisa cuti pun dlsudah tidak ada. Haha..
Akhirnya semua berjalan dengan lancar. Mungkin emang boleh jalan2 hehe..

Aku punya saudara yg tinggal disana. Tepatnya di apartemen Seri bukit Ceylon didaerah bukit bintang. Aku udh mulai minta banyak info darinya. Biar sampe sana gak panik. Maklum ini pertama kalinya aku keluar negri >o<

And finnally,
We are we goo.. KL i'm Coming!!
Pesawat berangkat jam 09.00 sampe KL jam 11.00 tapi jam KL menunjukan pukul 12.00 yes, beda waktunya 1 jam sama jakarta.
Alhamdulillah kami selamat.
Pertama kali yg aku lakukan adalah beli kartu telfon. Ini penting! Untuk jaga2 klo ada yg mau aku tanyakan ke sepupuku disana. Nama kartunya Maxis Hotlink. Harganya R 20 + pulsanya R 10 langsung aktif koneksi internet. Tanpa daftar apapun. Oke siap lanjut.
Dari KLIA2 kami naik Sky bus Oia tiketnya sudah aku pesan secara online dr website maskapai yg kami tumpangi. Harganga R 45 per orang tujuan KL sentral.
Perjalanan dr KLIA2 ke KL sentral kurang lebih 1 jam  tanpa macet. Dr KL sentral kamj naik taxi nama taxinya budget taxi.
KL sentral itu mall. Tapi ada akses kereta. Bus. Atau taxinya. Jadi klo mau naik budget taxi.
Tanya aja sama security dmn loket budget taxi. ( ati2 ya.. nggak semua orang Malaysia bisa kamu ajak bahasa  Indonesia) klo bisa bahasa inggris coba aja. Siapa tau orang yg kamu tanya paham. Amin :D
Back to budget taxi. Setelah muterin mall. Turun naik lift nanya dimana loket budget taxi. Akhirnya ketemu juga. Posisinya di deket pintu keluar. Yg ada banyak taxi warna merah.
Di loketnya. Bilang kemana tujuan kamu. Trus nnti mbanya nentuin harga. Tiap lokasi udah ada tarifnya. Nnti tinggal kamu kasi uang. Trus kamu dikasi karcis. Stopin taxi nya. Bilang tujuan kamu. Trus kasi karcis tadi ke supirnya. Klo udah sampe kamu gak perlu kasi uang lagi ke supirnya. Gak usah dikasi tips. Soalnya mereka udah digaji sama pemerintah hehe *edisi pelit*
Oke akhirnya aku sampe di seri bukit ceylon.
Ah, beruntung banget aku. Punya sepupu disini. Tinggal di apartemen pula. Jadi bisa nginep gratisss..
Kedua temen ku nginep di hotel Soleil nggak jauh dr apartemen temlat aku nginep. Cuma jalan kaki bbrp meter aja. Harga hotel mereka klo gak salah R100/night lupa brp pasnya. Cuma sekitar segitu. Lumayan kok. Ya hotel lama sih. Tapi lumayan.

Sekitar jam 16.00 kami mulai jalan2 mulai dari yg terdekat dulu aja. Yaitu Twin Tower atau Petronas Tower yeay!!! Akhirnyaa..
Hehe..
Dr apartemen ke sana sebenernya gak jauh. Klo aja kami gak perlu iseng naik GO KL yg gak tau jurusannya kemana. Gara2 gratis makanya kita main naik aja. Orang jakarta gak bisa liat yg gratisan sih.. haha.
Ujung ujungnya nanya org. Dan akhirnya turun karna sadar udah salah arah tujuan.
Dan mulai dr turun bis smpe ke petronas pun. Kami jalan kaki. Lumayan deh. Namanya juga jalan2 ya.
Oia, btw aku baru tau klo di KL banyak banget orang turunan India. Jadi jangan heran, klo supir taxi, penjual makanan, penjual pakaian, atau bahkan sampai satpamnya orang India.
Jadi, gak cuma berasa klo lagi jalan2 di Malaysia. Tapi juga serasa lagi di India. Hehehe..
Nah,sampe juga akhirnya di KLCC. KLCC ini mall tepatnya dibawah twin tower. Jadi klo mau foto2 di twin tower, cari aja lobbynya KLCC. Yg ada air mancurnya. Nah dari situ biasanya orang2 pada foto. Okhay. Kamera. Action! Cheeeeese!
Udah puas foto2. Kita pulang yuk. Sambil cari makan. Berhubung td udh puas jalan kaki. Jadi say sorry klo skrg pulangnya harus jalan kaki lagi. Nawar taxi masa pada minta R 15 pdahal deket bgt. Akhirnya dapet juga yg R 10. Iya budget taxi lagi. Gak brani naik taxi slalin budget taxi.bukan takut di apa2in. Tapi Takut dimahalin :p
Kami milih untuk makan di kedai depan hotel Soleil. Kaya kedai makanan nasi goreng gtu. Berhubung laper. Dan liat menu yg berlabelkan harga R 10 itu berasa murah banget (karna ingetnya 10ribu rupiah) kami pun kalab. Pilih ini itu. Pas bayar sampe R 50 bru mikir. Klo ini ringgit. Bukan rupiah. Yg berarti jika diuangkan 50x3500=175.000 rupiah hanya untuk makan nasi goreng dan telur dadar. Baru sadar klo ternyata mahal.hahaha..
Oke. Perjalanan hari pertama hanya sampai disini. Capek. Ngantuk. But fun. Good night twin tower yg jadi pemandangan malam ini dr kaca kamar ku. Ahh.. cantik!

Days two..
Tujuan hari ini bukit caves atau biasa disebut patung Murugan. Letaknya di distrik gombak sekitar 13km dr kuala lumpur. Bisa naik bis sih. Tapi kami lebih memilih naik taxi supaya menghemat waktu. Naik taxi budget. Berhasil merayu dan dikasi tarif dengan argo. Tapi supirnya bilang harus ditambahin tips sebesar R 5 diluar argo. Oke lah paman. Jom,kita brangkat. Lumayan kok. Gak terlalu jauh. Ya skitar 20-30menit lah. Total bayarnya jadi R 25
termasuk tipsnya.
Masuk sini Gratis ya.. Nggak ada HTM nya. Ini adalah kuil agama Hindu. Klo mau foto2 boleh kok. Tapi dilarang meludah disembarang tempat ya. Karna ini kuil suci. Tempat ibadah bagi agama hindu. Jadi kita harus menghormati, ya meskipun ada banyak burung2 berkeliaran yg aroma nya lumayan kecium.. tahan aja ya!
Foto2 sama patung dewa Murugannya udah nih. Sekarang aku mau naik keatas. Alias ke kuilnya. Gak segampang itu. Untuk menuju kesana kita harus menaikin kurang lebih 272 anak tangga. Lumayan ya buat kaki yg udah dipake jalan seharian dr kmaren. Oke lah semangat. Pas sampe diatas.. langsung engap-engapan nyari air minum. Alhamdulillah harga air mineralnya gak dimahalin. Gak kaya di dufan. Aqua normalnya cuma 3rb dijual jd 10rb. Disini enggak. Harganya tetep R 2. Smoga Tuhan memberkati. Haha..
Jadi diatasnya ini kuil berbentuk gua batu. Bagus. Dan ada kuilnya. Ada monyetnya juga banyak. Kaya di uluwatu (bali) gitu. Setelah capenlknya ilang. Foto2 juga udah. Sekarang turun. Ada banyak penjual aksesoris atau oleh2 kaya semacam gunting kuku dan gantungan kunci. Lumayan murah juga kok. Sekitar R 10 per 6 pc gantungan kunci.
Klo kalian mau skalian beli gpp. Harga nya gak terlalu beda jauh sama sungai wang. (Nnti kita bahas)
Sebelum pulang, cuacanya yang lumayan panas buat aku dan temen temn ku ngelirik kearah pedagang air kelapa.. Duh, enak kali ya minum air kelapa panas panas gini. hehe.. yaudah yuk mampir..
Minum air kelapa. tapi kok nanggung banget, udah jam makan siang juga, pesen apa ya??
kebetulan si ibu pedagang air kelapa yang ternyata berasal dari Surabaya ini lagi makan roti cane.
udah pernah makan? saya belum. pesen deh.. kayanya enak..
pas aku coba rotinya. nggak ada rasa. roti biasa, tau kulit risol? nah rasanya kaya gitu. pas icip karenya. aku kurang suka. nggak tau kenapa rasanya kurang cocok dilidah ku. Tapi kedua temen ku suka kok, brarti enak. cuma akunya aja yang emang nggak suka. (harga air kelapanya R 6. Roti cane nya R 5.
Niat kami selanjutnya ke Pavilion mall. Karna udah nggak tau mau kemana lagi, karna rencana ke genting pun gagal dikarenakan budget yang minim hehe..
Seperti biasa, sebelum naik taxi mari kita menawar terlebih dahulu (supirnya nggak mau pake argo) dia minta R 30 tapi aku keukeh nawar R 25 sama seperti taxi sebelumnya tadi.
tapi si supirnya ngerayu (dengan kamu bayar R 30 ke saya, you akan awak ajak pusing2 cari jam dan coklat) kaya gitu deh kurang lebih. haha..
akhirnya deal. Lumayan lah diajak jalan2 cuma nambah R 5. pertama dia ngajak ke toko jam dimana semua jam ditoko itu Free Duty. jadi ya lebih murah. padahal mah klo di rupiahin sama aja kok. haha..
kedua dia ajak ke toko coklat. jangan bayangin coklat murah2 ya.. karna tempat yg kami datengin adalah toko coklat yg bermerk. asli Malaysia. dan harganya Muahal. tapi enak sih! :p

oke sampe nih di Pavilion Mall. niat aku kesini buat cari gembok koper yang rusak. sepupuku bilang sih cari aja di daiso. pas Sampe di daiso, yang aku temukan bukan hanya gembok. tapi Surga (halah lebay) hahah..
iya kalian tau daiso kan? toko yang smua barangnya import langsung dari jepang (katanya) klo di Indonesia semuanya serba 25k klo di KL smuanya serba R 5. tapi bedanyaaa... barang2 di Daiso KL itu baguuuuus smua beda banget sama yang di jakarta. dan aku pun kalap. total belanjaan aku 40Pcs itung sendiri abis berapa. males ngitung? sini aku itungin.. 40x5=200 ringgit dan jika dirupiahkan 200x3500=700.000 rupiah *nangis dipojokan* tapi kamu akan merasa beruntung bila tau harga barang2 yang kamu beli itu di Indonesia harganya berapa. bisa 3x lipat. contoh ya.. aku beli figura disana cuma R 5 alias 17.500 rupiah. pas cek harga di olshop indo barang yang sama harganya 70ribu rupiah booo.. happy nggak sih hahaha *mengobati luka di dompet*

dari Pavilion Mall kami beranjak ke Sungai wang. nggak jauh cuma beberapa meter aja, nyebrang trus jalan dikit. Sungai wang tuh kaya apa ya klo di Indonesia. uhm,, ITC lah gtu..
niat mau cari oleh2 disini. dan dapet smua.. mulai dari kaos, tas, guntng kuku,gantungan kunci berlambang KL smua... disini harganya lebih miring, sukur2 klo ketemu pedagang yang baik kaya yang aku temui ini. udah ganteng, baik lagi *curhat* di toko ini bisa di tawar, nggak tau ya klo toko lain. tas KL harganya R 15 kaos juga R 15 gunting kuku R 10 isi 6 gantungan kunci R 8 isi 6 lumayan lah ya..
nah trus di bawah jalan keluar ada toko coklat. bisa beli coklat juga disitu. tange harganya mulai dari R 20 keatas.. atau klo mau cari yang agak murah bisa ke Giant nya aja. ada banyak makanan dan coklat made in Malaysia disana..
selesai belanja. duit juga udah abis. dan kami pun pulang. sebenernya deket banget ke apartement dr sungai wang.paling 1Km tapi berhubung abis naik anak tangga yg rausan dan bawa tentengan segambreng kami pun naik taxi lagi teteup R 10 ZzZzz

days Three..
pagi pagi abis sarapan kita bertiga renang di apartemen. luamayan lagi2 Gratis.. haha..
abis itu kita jalan jalan lagi ke Mall apa ya?? lupa. ya sekitar sungai wang situ lah. trus sorenya coba naik Monorel klik mesin yang ada trus pilih tujuan kalian, masukin uangnya. nnti keluar koin plastik. gitu caranya. abis itu kita bertiga naik GO KL lagi.. tapi kali ini nggak berenti ditengah jalan. ngikutin bis sampe balik ke tempat semula kita naik. jadi nggak turun turun.. haha..
Oia, kita sempet nyobain makan nasi lemak, penasaran kaya apa. eh taunya kaya nasi uduk, lebih parah malah. enakan nasi uduk sih menurutku. ini lebih mirip sama nasi kucing deh.. ya ya bener. kaya nasi kucing. jadi nasinya.
hari terakhir pun berlalu. packing, dan siap back to Jakarta..
besok pesawat jam 9 jadi kita bertiga check out jam 5 an deh. karna harus ke KL sentral dulu untuk naik sky bus lagi ke airport..

oke.. itu aja review dari aku tentang KL..